Jumat, 11 April 2008



Judul buku : Affair; Obrolan Tentang Jakarta

Pengarang : Seno Gumira Ajidarma

Penerbit : Buku Baik

Tahun terbitan : 2004


Awal membeli buku ini dan kubaca beberapa lembar halamannya, kok.., kata-katanya keren ya, berkualitas. Ingin tahulah aku siapa dalangnya, walah dalah…, ternyata Seno, lha ya iya.


Seperti sub judulnya, memang dalam buku ini bercerita banyak tentang jakarta. Mulai dari yang tampak umum sampai segala remeh temeh, plus kajian mendalam yang filosofis tapi tetap membumi. Luar biasa memang Seorang Seno mengantarkan pembaca menjelajahi Jakarta.


Walau secara kontekstual ini bercerita tentang jakarta, tapi menurutku fenomena dengan tipikal serupa terjadi banyak di kota-kota lainnya di Indonesia, terutama kota besar. Apa memang itu sindrom kota besar atau jakarta memang menjadi kiblat bagi kehidupan manusia perkotaan Indonesia.


Banyak banget kritik sosial dalam buku ini yang disajikan dengan ringan dan menarik. Mencari makna dalam keseharian, yang mungkin sudah kita anggap lumrah tanpa tahu alasannya mengapa, mungkin ya…., karena hal tersebut dilakukan banyak orang, that’s it.


Buku ini layak dibaca dan dikoleksi, juga boleh dicoba crosscheck kebenarannya, mungkin akan terpingkal-pingkal kita dibuatnya, sembari membatin “bener juga ya Om Seno”.

Tidak ada komentar: