Jumat, 11 April 2008

Down Fall

Adalah film yang berkisah tentang masa-masa berakhirnya kekuasaan Hitler. Dilihat dari kacamata seorang gadis yang bekerja sebagai sekertaris Hitler. Film ini menurutku menggambarkan Hitler sebagai sosok seorang Pejuang tua yang berusaha mengingkari akan kekuasaannya yang sudah diambang kehancuran. Menolak menerima kenyataan bahwa apa yang selama ini dibanggakan dan diperjuangkan akan segara runtuh

Hitler, dalam film ini, terlihat sebagai sosok rapuh yang masih saja sombong. Begitu juga istrinya Eva, yang baru dinikahinya diambang kehancuran kejayaannya. Eva juga serapuh Hitler, namun dia menolak menerima kenyataan dengan cara bersenang-senang, berpesta. Satu yang membuat salut, kesetiaannya pada Hitler melebihi apapun, bahkan ketika Hitler memutuskan eksekusi suami dari adik yang sangat disayanginya. Eva juga mengikuti Hitler kemanapun dia pergi, ketika Hitler menolak untuk meninggalkan Berlin walaupun mereka tahu sebentar lagi Berlin akan jatuh ke tangan musuh. Juga ketika Hitler memutuskan untuk bunuh diri, sepertinya sama sekali tak didiskusikan dengan Eva, tetapi Eva langsung bisa mengerti dan tanpa banyak kata-kata mengikuti hal yang dilakukan Hitler tersebut.

Hitler, walaupun seorang yang kejam, dengan ego rasisnya, menurutku dia memiliki sisi baik juga, however dia kan tetap seorang manusia. Di film itu terlihat dia begitu baik dan pengertian terhadap sekretarisnya, juga begitu baik kepada anak-anak kecil, juga begitu menghargai semangat patriotisme. Hanya saja kekurangannnya adalah dia terlalu memaksakan kehendaknya, tidak ingin mendengarkan pertimbangan dari pihak lain, dan ini membuatnya menjadi seseorang yang sangat tegas.

Well, jadi ingin tahu lebih banyak lagi tentang Hitler.

Tidak ada komentar: